Resep Terbaru

RESEP DAN CARA MEMBUAT KEK BUAH KUKUS





BAHAN KEK BUAH KUKUS :


250 gram butter
3 biji telur
200 gram mix fruit -
1 sendok teh vanilla

Bahan yang diAyak:

600 gm tepung gandum
2 sk soda bikarbonat

Gula Hangus / karamel:

300 gram gula pasir
100 ml air dingin

CARA MENGOLAH KEK BUAH KUKUS :

Panaskan gula pasir di dalam kuali menggunakan api kecil sehingga gula cair dan berwarna kecoklatan. Tuangkan air dan aduk2 cepat. Setelah itu masukkan butter. Terus masak sehingga butter Dan gula mencair menjadi satu.

Kemudian Masukkan mixed fruits dan masak sehingga mendidih kemudian matikan api . Ketepikan Dan biarkan sebentar sehingga agak suam /hangat2 kuku.

Masukkan tepung Dan soda yang sudah diayak ke dalam adonan buah tadi sedikit demi sedikit dan aduk2 dengan centong kayu hingga rata dan menyatu

Dalam mangkuk lain, kocok telur sebentar atau gunakan mixer. Kemudian tuangkan ke dalam adonan dan aduk2 sehingga semuanya tercampur rata. Masukkan vanila dan aduk2 lagi . Jangan kebanyakan diaduk2 takutnya buahnya mendap turun kebawah tidak bisa menyebar rata. .

Masukkan adunan ke dalam cetakan dan kukus selama 4 jam di dalam dandang yang sudah dipanaskan airnya. Kukus dengan api sederhana pada 3 jam yang pertama dan setelah itu pakai api yg paling kecil . Kalau mau tambah air dalam dandang , pastikan ditambah dengan air panas.

tutupi cetakan kek bagian atas dengan aluminium foil sebelum dikukus agar airnya tidak menetes kedalam kek.

jika kek sudah masak, buka penutup dandang dan biarkan kek dingin di dalam dandang untuk menghindari buah mendap turun kebawah. jika sudah dingin , boleh dikeluarkan dari loyang dan potong telah benar benar dingin, . Lebih baik jika dibiarkan semalaman di atas meja sebelum dipotong.

*menurut yang saya baca kek ini bisa disimpan 6_ 1 tahun . Pastikan pisau Dan tangan bersih waktu memotongnya . Jangan sekali2 terkena air . Bisa disimpan difreezer juga agar tahan lama ... jika mau makan tinggal dikeluarkan ... biarkan sebentar diatas meja agar tidak terlalu dingin ... kemudian bisa langsung dinikmati .

Tapi kayanya kek saya ini hanya bertahan beberapa hari
sudah keburu habis .

Saya sendiri suka dengan kek ini. ..rasanya yang tidak terlalu manis dengan gigitan buah didalamnya. .. sangat cocok disandingkan dengan teh atau kopi hangat ...

Pingin banget Bisa bikin FRUITS CAKE yang enak Lembut ...

Dan ini pertama kali nyoba bikin hari ini . Diam2 melihat reaksi suami Dan wajeeha saat menikmati cake ini ...

0 Response to "RESEP DAN CARA MEMBUAT KEK BUAH KUKUS"