Resep Terbaru

Resep Dan cara Membuat Rawon



Resep  Rawon  :Bahan2:
- 500 gram daging sapi, potong ukuran 3x3cm
50 gram tauge kacang hijau
2 batang daun bawang, rajang halus. Sisakan sebagian untuk taburan saat akan menyantap rawon
1200-1500 ml air
3 sdm minyak untuk menumis (saya pakai canola oil)

Bumbu, haluskan :
1 sdt merica butiran(saya pakai merica bubuk)
1 1/2 sdt ketumbar sangrai
1 ruas kencur (saya pakai 1/2sdt kencur bubuk)
2 ruas kunyit
2 ruas jahe
3 buah cabe merah (saya skip)
6 butir bawang merah
4 butir bawang putih
6 butir kemiri, sangrai
5 buah keluwAk (berat isinya kurang lebih 60 gram)
1/2 sdm terasi

Bumbu lainnya :
3 ruas lengkuas, pipihkan
4 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
3batang serai (saya pakai satu batang)
3 sdm air asam jawa
2 sdm gula jawa
2 sdm gula pasir
2 sdm garam
1 sdt kaldu bubuk (saya tidak pakai)

Pelengkap :
sambal cabe rawit merah (4 buah cabe merah keriting, 10 buah cabe rawit merah - rebus semua bahan hingga matang dan haluskan dengan cobek)
kerupuk udang
telur asin belah dua (saya pakai telur ayam )


Cara membuat Rawon  :

tumis bumbu hingga harum. Tambahkan lengkuas, daun salam, serai dan daun jeruk aduk rata.

Masukkan daging sapi, aduk hingga rata tambahkan air asam jawa, garam, gula jawa gula pasir dan kaldu bubuk aduk dan tutup wajan selama memasak agar daging cepat matang dan bumbu meresap. Masak daging hingga setengah matang

tambahkan air dan masak sampai matang taburi daun bawang dan angkat.

0 Response to "Resep Dan cara Membuat Rawon "