Resep Terbaru

Resep Onde-Onde Pelangi



Assalamualaikum,
Sudah berkali kali absen ikutan posting di @baking_bareng .kali ini temanya snack goreng, dan saya membuat onde2 pelangi. Saya Sudah beberapa kali bikin onde2 dari berbagai campuran tepung, antara lain saya campur dengan kentang kukus halus dan juga tepung tapioka. Kali ini saya buat yang campuran dengan tapioka. Dua2nya saya suka. Kalau pakai campuran kentang kukus yang dihaluskan, jika onde2 sudah dingin tetap lembut dan empuk. Agak berbeda dengan onde2 dengan Campuran tepung tapioka, jika sudah dingin agak alot. Saya sertakan tips sukses menggoreng onde2:
*agar tidak meletus saat digoreng, masukkan onde2 kedalam minyak yang belum panas, pakai api kecil dulu, setelah onde3 mengapung besarkan apinya (pakai api sedang saja) goreng sampai matang.
*agar onde2 tetap bulat tidak kopong setelah di goreng, adonan onde2 harus dicampur dg tepung beras, kentang kukus yang dihaluskan juga tepung tapioka. Selain itu isi juga harus pas jangan terlalu sedikit.
*resep ini jadi 22 buah onde2

Resep Onde-Onde Pelangi

Bahan:
200 gram tepung ketan putih
50 gram tepung tapioka (bisa diganti kentang kukus halus)
5 sdm caster sugar/ bs pakai gula pasir biasa
1/4sdt garam
190ml air hangat
100 gram wijen putih
Secukupnya minyak goreng

Bahan isian:
100 gram kacang hijau kupas, rendam 1-2 jam (saya rendam setengah hari)
150ml santan kental (kara)
1/4 sdt garam
5 sdm gula pasir
1 sdm vanilla extract


Cara membuat Onde-Onde Pelangi :
🍥Buat isian:
🍳Rebus kacang hijau kupas, sampai empuk, tiriskan.
🍳Blender dengan 50 ml santan sampai halus.
🍳Siapkan wajan/teflon masukkan kacang hijau blender tadi beri santan gula garam dan vanilla extract
🍳Aduk2 sampai kalis
🍳Bulat2kan sekitar 10-12 gram.Sisihkan 🍥Buat kulitnya:
🍳Campur semua tepung2an gula juga gatam, aduk rata tuang air sedikit demi sedikit hentikan jika sudah bs dibentuk.
🍳bagi2 menjadi beberapa bagian beri warna (saya merah orange, hijau, ungu dan putih)
🍳Ambil kurang lebih 20-23 gram tiap adonan, beri isian bulatkan.
🍳Celup diair, Guling2 diwijen
🍳Goreng sampai matang
🍳Sajikan

0 Response to "Resep Onde-Onde Pelangi"